Peran Kelompok Kecil Pemuridan (artikel dari KPP)

PART I : KEADAAN AKTUAL ORANG DEWASA KRISTEN

Bagaimana keadaan orang-orang dewasa Kristen? Apa yang akan dijawab oleh orang “dewasa lahir baru” jika diberi beberapa pertanyaan? “Dewasa lahir baru” – orang-orang yang telah membuat komitmen pribadi kepada Kristus yang penting dalam hidup mereka dan percaya bahwa mereka akan memiliki kehidupan kekal karena mereka telah mengakui dosa mereka dan menerima Yesus Kristud sebagai juruselamat mereka. Dalam hal ini mengetahui mereka sudah lahir baru atau tidak, berdasarkan jawaban dua pertanyaan survei mengenai komitmen pribadi kepada Kristus dan apa yang mereka percaya akan terjadi kepada mereka setelah mereka mati. Penggunaan penelitian seperti ini bukanlah untuk mengampuni atau menghukum orang, namun unutk menyediakan suatu perkiraan tentang apa yang sedang terjadi dalam budaya dan gereja.

TUJUAN – TUJUAN ROHANI PRIBADI

ORANG – ORANG DEWASA LAHIR BARU

(N=417)                                                                                            

Bertumbuh secara rohani (tidak spesifik)

26 %

Hidup lebih berkenan kepada Allah (tidak spesifik)

19 %

Terlibat dalam aktivitas pertumbuhan rohani (tidak spesifik)

15 %

Lebih sering membaca Alkitab, lebih tahu isi Alkitab

14 %

Lebih konsisten datang ke gereja

13 %

Memiliki kehidupan doa yang lebih baik

11 %

Melayani orang lain, memiliki pelayanan pribadi

10 %

Lebih sering terlibat dalam aktivitas-aktivitas gereja

9 %

Meningkatkan kondisi rohani keluarga saya

7 %

Memiliki perasaan yang baik tentang diri saya sendiri

2 %

Tidak ingat tujuan-tujuan tersebut

5 %

(Catatan : Persentasi bertambah sampai melebihi 100 persen karena orang-orang diizinkan memberi jawaban lebih dari satu)

APA SATU-SATUNYA HAL TERPENTING

YANG INGIN ANDA CAPAI DALAM HIDUP ANDA?

(N=450 orang dewasa lahir baru)

Menjadi orang tua yang baik, membesarkan anak-anak yang baik, memiliki anak yang berbahagia

29%

Kondisi rohani : memiliki iman, masuk sorga, melakukan kehendak Allah, menginjil kepada orang lain, membesarkan anak-anak saya menjadi orang-orang Kristen

20%

Keamanan finansial, kenyamanan, dana pensiun, kekayaan

14%

Menyelesaikan/melanjutkan studi saya

7%

Membuat perbedaan di dunia, menolong orang lain

7%

Merasakan keberhasilan karier, memiliki pekerjaan/karier yang baik

7%

Memiliki kesehatan yang baik

6%

Memiliki kehidupan pernikahan yang baik

4%

Menjadi orang baik, dikenal sebagai orang baik

4%

Memiliki kehidupan yang  baik, berbahagia, terpenuhi

3%

Tidak ada yang khusus

9%

(Catatan : Persentasi bertambah sampai melebihi 100 % karena beberapa orang memiliki lebih dari satu jawaban)

  PMK IPB

 

 

                     Tidak. Saya tidak tahu bagaimana cara menyatakannya dengan lebih terus terang. Gereja Kristen gagal untuk hidup sesuai dengan janjinya; bahkan tidak mendekati penggenapannya. Orang-orang lebih tertarik pada iman dan agama daripada Yesus. Kebanyakan orang-orang percaya tidak dapat dibedakan dari orang-orang belum percaya dalam pola pikir dan kehidupannya. Gereja telah kehilangan tempatnya pada meja pengaruh budaya. Dapatkah kita memulihkan pengaruh gereja melalui bebrapa kegiatan dan bangunan? Tidak. Dibutuhkan pengikut-pengikut Kristus yang setia, orang-orang yang dengan bulat hati mengabdikan diri untuk mengenal, mengasihi, dan melayaniNya dengan seluruh hati, pikiran, kekuatan, dan jiwa mereka, jika kita ingin mengubah dunia.

                      Beberapa saat sebelum kenaikanNya ke sorga, Tuhan Yesus Kristus memberikan perintah terakhir ini:

               Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku akan menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Matius 28:18-20)

                      Bukankah Amanat Agung mempermudah pekerjaan kita? Ini adalah perintah kita dari Allah. Tetapi, ada berapa banyak orang Kristen yang Anda kenal yang tujuan hidupnya adalah untuk membantu memenuhi tantangan luar biasa ini? Amanat tersebut adalah sebuah pencetak murid-menolong orang lain menjadikan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, untuk dewasa dalam Dia, dan membimbing orang lain melakukan hal yang ssama-sehingga kerajaan surga dapat bertumbuh.

                      Apa yang akan terjadi jika kita memfokuskan perhatian pada empat dari sepuluh orang dewasa dan satu dari tiga remaja dan empat dari seratus dua puluh mahasiswa yang telah meminta Yesus mnjadi Juruselamat mereka dan melakukan segalanya untuk membantu mereka menjadi murid-murid Yesus yang benar dan penuh inspirasi?

 
*Disadur dari “Menumbuhkan Murid-Murid Sejati” oleh George Barna. George Barna adalah pemimpim perusahaan Barna Research, Ltd, sebuah perusahaan peneliti marketing lokal di Ventura, California. Perusahaan ini telah meneliti ratusan gereja, pelayanan Kristen non-gereja, 500 perusahaan, dan organisasi nilaba. Data yang diatas dilakukan pada warga negara bagian Amerika Serikat, dengan mewakili selusin denominasi Protestan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *