FENOMENA OTAK TENGAH (artikel dari KPS)

FENOMENA OTAK TENGAH. BENARKAH ?

Apa kata firman tuhan ?

Oleh : Elly Widyas Ningsih

             Pernahkah kita mendengar ataupun membaca mengenai dasyatnya otak tengah? Saya pun pernah mendengarnya sewaktu saya SMA, dari salah seorang motivator di bimbingan belajar yang saya ikuti. Disana dikatakan bagaimana caranya mengaktifkan otak tengah, dengan mengikuti pelatihan selama beberapa minggu, dan tentunya membayar sejumlah uang, karena hal seperti bukanlah sesuatu yang murah apalagi gratis. Manfaatnya sih katanya, apabila otak tengah kita diaktifkan, maka kita dapat mengingat secara sempurna setiap pelajaran yang kita baca. WOW! Pertanyaannya adalah, mungkinkah? Dan adakah efek sampingnya? Hemm..

            Kali ini saya akan mencoba menelaah berdasarkan ilmu yang saya pelajari, dan membandingkannya dengan apa yang dikatakan oleh Firman Tuhan. Seperti kita ketahui, otak tengah memiliki fungsi antara lain : menghubungkan otak kanan dan otak kiri (walau sebenarnya kurang tepat, karena yang menghubungkan otak kanan dan kiri adalah corpus callosum), pusat pergerakan bola mata, dan pengendalian penglihatan dan pendengaran. Selain itu, di bagian otak tengah terdapat pengaturan daya ingat, dimana dalam keadaan tertentu fungsi tersebut tidak aktif, itulah sebabnya kita tidak akan dapat mengingat secara akurat kejadian yang terjadi, seperti motif baju tukang ojek tadi pagi, jumlah orang yang bermain basket di lapangan GOR lama, atau berapa jumlah lubang di jalan xxx. Pada keadaan konsolidasi, saat kita melamun ataupun tidur, otak tengah akan menyeleksi setiap informasi yang kita peroleh sepanjang hari tadi dan menyortir informasi yang dirasa tidak penting. Itulah sebabnya setiap kejadian yang terjadi tidak dapat kita ingat dengan jelas, karena otak telah membuang informasi yang tidak penting tersebut. Untuk itu disarankan agar setelah belajar, kita mengambil waktu 30 menit hingga 1 jam untuk tidur atau sekedar melamun, agar otak tengah dapat bekerja dan melakukan penyortiran informasi.

            Lalu yang menjadi pertanyaan, dapatkah fungsi otak tengah diaktifkan? Beberapa mempercayai hal tersebut mungkin dilakukan, namun beberapa pakar menyebutkan hal itu tidaklah mungkin dan hanya untuk ajang mencari keuntungan pribadi saja, bahkan ada yang mengatakan otak kecil dalam dunia medis tidak pernah ada. Namun saya mengajak anda untuk lebih melihat kepada dampak dari pengaktifan tersebut dibanding memusingkan cara mengaktifkannya. Kita tahu, Tuhan sudah mendesain manusia sedemikian rupa dan setiap organ tubuh kita telah diatur oleh-Nya. Saya yakin, maksud dari penyortiran informasi tersebut adalah agar manusia tidak terlalu memikirkan banyak hal yang tidak perlu, bukan berarti memori otak kita terbatas. Memori otak kita sesungguhnya unlimited, namun agar lebih mudah, saya menganalogikannya dengan modem yang unlimited dengan pemakaian kuota tertentu. Bagaimana pun suatu saat nanti walaupun modem tersebut unlimited, tetapi bila pemakaiannya melewati batas kuota, kecepatannya akan menurun. Ya, seperti itulah kurang lebih otak kita. Apabila terlalu banyak informasi yang ditampung di dalam otak, dapat membuat cara berpikir kita menjadi lambat, karena banyaknya fokus pemikiran kita.

            Dalam Matius 6:34, pada khotbah di bukit, Yesus mengatakan “Janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” Dalam khotbah-Nya, Yesus mengingatkan kita untuk kita fokus pada hal-hal yang penting. Jadi pentingnya mengingat informasi yang perlu atau penting adalah agar kita bisa lebih fokus dan kerja kita bisa lebih maksimal. Jadi menurut saya,  terlepas dari kontroversi pengaktifan otak tengah yang katanya hoax, namun beberapa ada yang meyakini, saya rasa hal itu tidaklah perlu. Yang perlu ditekankan adalah, sesuatu yang memang sudah diatur dan harus berjalan seperti itu, apabila dipaksa akan menimbulkan dampak yang kurang baik.

            Apabila beberapa diantara kita ada yang mengalami kesulitan dalam belajar, mungkin nilai IP kita tidak sesuai dengan yang diharapkan, kita bukanlah orang yang pandai berbicara, berdebat, lambat dalam belajar, lambat berpikir, nilai-nilai ujian kita dibawah rata-rata. Janganlah kuatir! Kita tidak perlu membayar sampai 25 juta rupiah untuk dapat mengikuti pelatihan pengaktifan otak tengah, dan kemudian kita masuk kuliah dan secara instan kita menjadi orang yang pintar di kelas. Hal seperti itu tidak pernah tertulis di alkitab. Selalu ada harga yang dibayar atas setiap pencapaian yang ingin kita raih. Daniel dapat menjadi orang yang terpandang, bahkan dikatakan ia memiliki kecerdasan 10 kali lipat dibanding semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya, bukan karena otak tengahnya diaktifkan, hehe, atau karena dia minum suplemen agar daya ingatnya kuat. Bila selama ini anda beranggapan, minum suplemen ataupun vitamin dapat meningkatkan kecerdasan, saya tidak bilang itu tidak benar, namun kembali lihat hidup Daniel. Zaman dulu ga ada loh suplemen-suplemen apalagi vitamin. Daniel pun sehari-hari hanya makan sayur-sayuran, dan berketetapan untuk tidak makan daging, tapi buktinya ia bisa jadi orang yang sangat cerdas. Itu semua bisa terjadi karena Daniel hidup takut akan Tuhan, dan tidak berlaku cela di hadapan Tuhan. Di tengah-tengah pergaulan kerajaan, Daniel tetap setia dan menjaga kekudusannya, bahkan dikatakan dalam Daniel 6:11, tiga kali sehari Daniel berlutut, berdoa serta memuji Allah.

            Bangsa Yahudi dikenal dengan orang-orangnya yang jenius, bahkan banyak penemu-penemu berasal dari sana. Hal itu bukan saja karena bangsa Yahudi adalah bangsa pilihan Allah, tapi sejak zaman nenek moyang mereka, mereka diajarkan untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati, segenap jiwa, segenap kekuatan, bahkan mengajarkannya secara berulang-ulang kepada anak-anak mereka, membuatnya menjadi lambang pada dahi, dan menuliskannya pada tiang pintu rumah dan pintu gerbang. Itulah sebabnya, maka tidak heran Allah membuat bangsa Israel menjadi bangsa yang kuat dan luar biasa. Itu karena Bangsa Israel berpegang pada perintah, peringatan, dan ketetapan Tuhan (Ul 6:1-25).

            Maukah anda menjadi orang-orang yang pintar dan dipakai Tuhan luar biasa? Tidak perlu membayar sampai 25 juta rupiah atau minum suplemen-suplemen penambah daya ingat. Cukup baca Firman Tuhan, pahami dan lakukan, maka anda akan tahu apa yang menjadi kehendak Tuhan atas hidup anda, dan Tuhan akan memberikan apa yang jadi kebutuhan kita dan melengkapi segala kekurangan kita. Pegang janji-Nya senantiasa, bahwa kita akan menjadi kepala dan bukan ekor, terus naik dan bukan turun, diberkati saat keluar dan diberkati saat masuk, jalan kita akan seperti cahaya fajar yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari. Indah bukan janji Tuhan? Karena dialah yang menciptakan saya dan saudara, jadi tidak usah memikirkan lagi caranya mengaktifkan otak tengah, karena Dia terlebih tahu. Haleluya!

Tuhan memberkati ^^

Share

2 responses on “FENOMENA OTAK TENGAH (artikel dari KPS)

  1. saya menyadari bahwa semua yang disebutkan di atas sepenuhnya adalah saya. mengeluhh dan kesal karena IP turun itu adalah saya berpikir untuk meminum suplemen penambah daya ingat otulah saya namun saya mencoba untuk melakkan apa yang difirman Tuhan “Cukup baca Firman Tuhan, pahami dan lakukan, maka anda akan tahu apa yang menjadi kehendak Tuhan atas hidup anda, dan Tuhan akan memberikan apa yang jadi kebutuhan kita dan melengkapi segala kekurangan kita.” itu yang akan saya lakukan… trimakasihh,, shalom TYM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *