WITHOUT MUSIC, LIFE WOULD BE FLAT

WITHOUT MUSIC, LIFE WOULD BE FLAT

Oleh: Novy Gitani S._Komisi Kesenian

 

MUSIK. Satu kata yang ketika kita mendengarnya kita pasti dengan sangat cepat langsung mengerti maksud kata itu dan paling tidak kita langsung membayangkan lagu-lagu favorit kita, lagu-lagu populer saat ini, bahkan mungkin banyak orang yang langsung memikirkan si pencipta yang membuatnya atau bahkan penyanyi yang menyanyikannya. Musik, satu kata yang membuat orang bisa mengerti seluruh perasaan yang ada di dunia ini. Sepertinya begitu hebatnya musik itu.

Banyak orang yang ingin bisa menguasai musik, termasuk orang percaya.  Ada yang bertujuan untuk mengasah keterampilan, mengisi waktu luang, dan bahkan menjadikannya sebagai mata pencarian utama untuk menunjang kehidupan. Bahkan banyak yang menyukai dan memainkan musik tanpa menyadari apa yang seharusnya bisa kita lakukan. Musik seharusnya  mengajarkan kita bagaimana kita dapat berhubungan dekat dengan Allah. Karena melalui musik orang percaya dapat bersekutu, menyembah dan memuji. Begitu besarnya peran musik bagi kehidupan orang percaya.

Beberapa peran musik dalam hidup orang percaya yaitu:

  1. Sebagai sarana bagi orang percaya untuk mengucap syukur dan menaikan puji-pujian kepada Allah (Mazmur 95:2; I Tawarikh 25; 2 Tawarikh 5:13-14; Kolose 3:16)
  2. Untuk menaikan pujian, penyembahan dan pengagungan kita kepada Tuhan (Mazmur 149)
  3. Tempat untuk mengungkapkan kebaikan, keadilan, kekudusan dan kemuliaan Tuhan.
  4. Membawa kedamaian dan kesembuhan (1 Samuel16:14, 22-23)
  5. Sarana kesaksian kasih Allah dan kebesaran-Nya/sebagai alat misi  (I Tawarikh 16:9, 23-24)
  6. Sarana untuk menaikkan doa, memperat hubungan kita dengan Allah seperti Daud yang selalu bermazmur dan bernyanyi bagi Allah
  7. Untuk mengajarkan kita karena mengandung firman/perintah Tuhan (Ulangan 31-32)
  8. Adanya pertobatan. Banyak orang percaya yang mengalami pertobatan ketika keagungan Tuhan dan kebaikan-Nya dinaikkan melalui pujian dan penyembahan.
  9. Tanda penyerahan diri dan pengharapan kita kepada Tuhan. (Mazmur 95; Mazmur 126; Mazmur 131)
  10. Adanya kesejukan dan ketenangan saat kita bernyanyi memuji dan menyembah Allah dengan kesungguhan hati

Musik membantu kita dalam hal memberikan pujian dan penyembahan kepada Allah. Mengapa kita  memuji dan menyembah Tuhan melalui musik?

  1. Manusia diciptakan untuk memuji dan menyembah Tuhan dan memberitakan kemasyhuran-Nya (Yesaya 43:21)
  2. Allah memerintahkan manusia untuk melakukannya (memuji Dia melalui musik) (Mazmur 150)
  3. Karena Allah ada dalam pujian penyembahan (Mazmur 22:4)
  4. Allah patut untuk menerima pujian penyembahan (Mazmur 135)
  5. Allah memberikan kemampuan Ilahi untuk melakukannya (1 Korintus 12:7; Yohanes 4:23-24)
  6. Sebagai senjata rohani

Musik bagi kita orang percaya merupakan hal penting dan sangat membantu dalam hal ibadah kita kepada Allah, serta dalam hal pujian dan penyembahan kita kepada-Nya. Namun musik hanyalah sarana pendukung kita untuk dekat kepada-Nya. Untuk itu jangan menjadikan musik sebagai tuhan dalam setiap ibadah dan pujian kita, tapi jadikanlah musik sebagai alat kita untuk semakin dekat dengan Allah yang kita sembah. Dan hal penting lainnya, sebagai orang percaya kita juga harus dapat membedakan musik duniawi yang baik yang bisa kita konsumsi dan tidak mengganggu hubungan kita dengan Allah yang kita sembah, musik yang tidak membawa kita ke jalan yang salah. Untuk itu kenalilah makna dan esensi musik yang baik, sebab without music, life would be flat.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *