CARA ASIK NIKMATI PERSEKUTUAN

CARA ASIK NIKMATI PERSEKUTUAN
oleh : Rotua Yulianti Simarmata

Bagi orang percaya hubungan dengan Tuhan adalah hal yang terpenting dan terutama. Kita rindu untuk mempunyai hubungan dan persekutuan yang indah dengan Tuhan. Tetapi hal yang tidak boleh diabaikan adalah hubungan di antara sesama kita. Karena suatu hubungan/persekutuan dengan Allah yang baik dan benar, secara otomatis orang tersebut seharusnya mempunyai hubungan yang baik dengan sesamanya, khususnya saudara-saudari seiman.

 Adalah bahaya besar kalau dikatakan orang ini rohani, punya persekutuan yang indah dengan Tuhan, tetapi persekutuan dengan saudara seiman bermasalah. Jadi persekutuan antara sesama adalah cermin dari ibadah kita yang benar dan baik dengan saleh. Kalau hubungan vertikal beres, otomatis hubungan horisontal juga beres. Bisa jadi seorang yang mempunyai hubungan horisontal bagus, belum tentu memiliki hubungan vertikal yang bagus pula. Tetapi seorang yang mempunyai hubungan vertikal yang bagus, seharusnya hubungan horisontalnya juga bagus.

 Mengapa persekutuan? Selain sebagai wadah kita menyatakan kasih, perhatian dan saling mendukung dalam doa, persekutuan adalah tempat kita menyatakan atau mengekspresikan iman kita bahwa kita mempunyai hubungan yang baik dengan Allah.

 Nah, persekutuan dapat kita laksanakan secara formal maupun informal. Mungkin karena sebagian teman-teman adalah mahasiswa Kristen, saya akan langsung share sama teman-teman beberapa cara persekutuan yang santai tapi rohani. Cekidoot..

 Kelompok Kecil (KK). Jenis persekutuan ini biasanya terdiri dari 3 sampai 4 orang, cara ini cukup efisien dan efektif karena hanya terdiri dari beberapa orang saja, sehingga di dalam KK kita dapat sharing sepuasnya serta tidak lupa membahas FirTu yang dahsyat.

 Kelompok Tumbuh Bersama (KTB). Di dalam KTB mungkin cakupannya cukup besar dan biasanya dilakukan dalam rentang waktu yang ditentukan. KTB yang sudah kita jalani mungkin KTB Komisi, KTB pengurus,dll. KTB mungkin dapat menjawab pergumulan yang kita hadapi di dalam suatu komunitas (ex : komisi, pengurus inti,dll).

 JaRo (jalan-jalan rohani). Nah, mungkin ini adalah bentuk persekutuan yang teman-teman inginkan, hehe. Disini mungkin kita bisa pergi ke suatu daerah wisata dengan tujuan kegiatan rohani. Nah, mungkin dengan berbaurnya kita dengan alam kita bisa makin mendalami Firman Tuhan dengan lebih khusuk lagi.

 Nah, sebenarnya masih banyak cara untuk membuat persekutuan kita lebih asik lagi, tinggal gimana teman-teman menciptakan persekutuan dengan ide yang kreatif. Semoga artikel ini membantu saudara dan saudari dalam persekutuan yang sedang dibangun dan kiranya dalam persekutuan, setiap anggota mendapatkan kehangatan melalui penerimaan dan kesempatan untuk sharing dan melayani dan bertumbuh bersama secara kerohanian dan mental. Amin

Share

One response on “CARA ASIK NIKMATI PERSEKUTUAN

  1. PMK dan Kemaki 49
    Diundang untuk mengikuti paduan suara 49 Natal CIVA 2012
    Latihan perdana Jum’at, 19 Oktober 2012
    Di Lab Biologi
    Yang mau ikut tapi tidak bisa hadir, izin ke CP dengan format sms: nama_alasan
    Terima Kasih
    CP: Silvia (081993270203)
    Fidela (087870064717)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *