Mengenal Saksi Yehova

Mengenal Saksi Yehova

Seperti yang kita ketahui, ada bermacam-macam bidat Kristen di luar sana. Disini kita akan membahas satu diantaranya. Saksi Yehova, siapakah mereka? Apa perbedaan mereka dengan Kita?

 

Sejarah

Kehadiran SY di Indonesia sudah cukup lama, sejak 1931. Pada tahun 1976 keberadaan mereka sempat di larang berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung Nomor 129. Kegiatan-kegiatan mereka dilarang karena memuat hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku. Contohnya mereka menolak untuk melakukan hormat bendera dan menolak ikut berpolitik. Ajaran yang mereka yakini juga dianggap meresahkan kalangan umat beragama lain karena pengikut mereka seing mendatangi rumah-rumah warga dan menyampaikan ajaran mereka.

Pada tahun 2001, masa kepresidenan Abdurrahman Wahid, SY kembali diijinkan berkiprah karena demokrasi dan kebebasan dalam beragama.

 

Mengenal Lebih Mendalam

Pada tahun 2011, anggota SY ada 50 ribu orang di seluruh Indonesia. Berkenaan dengan cara mereka “menginjili” orang dari pintu ke pintu, mereka menjelaskan bahwa mereka meniru gaya Yesus yang berjalan dari satu tempat ke tempat lainnya. Merurut mereka inilah cara mereka membagikan kasih, yaitu dengan membacakan firman, dan bersilaturahmi kepada masyarakat.

Satu hal yang menarik bahwa SY mengakui keberadaan Roh Kudus, Yesus, selain dari keberadaan Allah sendiri namun bukan dalam pribadi Tritunggal seperti yang kita percayai. Allah (Tuhan) menurut mereka merupakan sebuah gelar sedangkan nama Allah sendiri Yehova / Yehuwa / YHWH. Bagaimana dengan Yesus? Yesus merupakan pribadi yang luhur, ciptaan Allah yang paling pertama, dan merupakan perantara manusia dengan Allah. Sementara roh kudus adalah tenaga aktif Allah.

 

Inti Ajaran

Doktrin yang diajarkan yaitu tentang Allah, Kehidupan dan Kematian setelah mati, Penghakiman dan Keselamatan.

SY memiliki kitab suci selain daripada Alkitab yaitu Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru (DB / New World Translation) yang mereka anggap paling mendekati dengan naskah asli. Disini terdapat banyak sekali perbedaan terjemahan dengan Alkitab sehingga menciptakan distorsi pemahaman doktrin dengan Kristen maupun Katolik.

Mengenai kehidupan dan kematian zaman akhir, kedatangan Kristus ke2 akan didahului perang Harmagedon di bumi. Setelah itu Kristus akan memerintah sebagai raja di kerajaan 1000 tahun di bumi. 144.000 orang yang terpilih akan memerintah bersama Kristus dan nantinya akan menjadi pewaris Surga. Sementara jemaat lain yang tidak termasuk dalam 144.000 orang tersebut akan disebut sebagai kaum Yonadab, yang akan menghuni bumi baru, tetapi tidak masuk Surga.

SY hanya mengakui pemerintahan Allah / Yehuwa. Oleh karena itu terdapat berbagai macam larangan dalam kehidupan bermasyarakat mereka. Mereka tidak mengikuti politik dan pemerintahan. Bahkan tidak boleh hormat terhadap bendera saat upacara bendera.

 

Doktrin Pendapat, Saksi Yehova Firman Allah (Kebenaran) berkata:
Allah Di dalam Firman Allah tidak doktrin Tritunggal. Doktrin tritunggal asalnya bukan dari Alkitab (ini pendapat saksi Yehova dan sangat ngotot). Pemberontakan di taman eden mendatangkan keragu-raguan atas kedudukan Yehova sebagai pemegang kedaulatan tertinggi. Di dalam Alkitab terdapat banyak sekali bukti-bukti yang menyatakan bahwa persoalan yang utama sebelum penciptaan ialah soal mempertahankan nama Yehova serta firman-Nya.Sejak kekal Allah adalah suatu wujud yang tunggal dan tersendiri, yang tidak dapat diterangkan ataupun diketahui. Tidak ada yang setara dengan DIA, yang dapat menerangkan tentang DIA.Maka nama sebenarnya dari pribadi Allah adalah Yehova. Yehova itu maha kuasa dan memegang kedaulatan tertinggi dalam alam semesta ini, ia tidak mahahadir tetapi memiliki kekuasaan yang meluas kemana-mana. (jelas sekali sesat karena ALLAH maha hadir, maha kuasa : dalam bahasa latin nya ommnie potent, ommni presence) 

Intinya mereka menolak doktrin tritunggal yang sangat jelas dinyatakan dalam Alkitab dan dari doa-doa Tuhan Yesus selama masa hidup di bumi (BAPA dan YESUS dan ROH KUDUS adalah satu)

Allah itu Roh dan barang siapa menyembah DIA harus menyembah DIA dalam roh dan kebenaran (Yoh 4:24)Alkitab menegaskan dnegan sangat jelas….BAPA dan ANAK dan ROH KUDUS (Matius 28 :19)Karena Allah itu esa dan esa pula DIA yang menjadi pengantara antara ALLAH dan Manusia yaitu Manusia YESUS KRISTUS (1 Timotius 2:5)

 

Berfirmanlah Allah; “Baiklah KITA turun….(Kejadian 11:7) dalam bahasa Ibrani kata KITA itu Jamak artinya lebih dari satu pribadi……

 

Pada mulanya ALLAH (Kejadian 1:1)

 

Sesudah di Baptis YESUS….keluar….ROH ALLAH…turun….BAPA….mengatakan…..(Matius 3:16,17)—–jelasa sekalai doktrin tritungal.

 

Bahwa Tuhanlah ALLAH, tidak ada yang lain kecuali DIA (Ulangan 4:35).

Yesus Kristus Yesus Kristus pribadi yang diciptakan, merupakan pribadi kedua yang terbesar  dalam alam semesta. Merupakan yang pertama dan yang satu-satunya diciptakan olehBapanya …YEHOVA…(Ia) sebagai yang mempertahankan dan menjadi pengantara utama daripada kehidupan untuk seluruh umat manusia.Dilahirkan sebagai anak manusia dari pada ALLAH, pada bulan Oktober tahun 2 sebelum masehi. Menjadi benih mesias pada musim gugur tahun 29 sesudah masehi. 

Mati diatas tonggak (kata salib sangat ditolak oleh SAKSI YEHOVA..inilah anehnya…)

 

Mati diatas tonggak sebagai penebus pada musim semi (makin aneh…?) pada tahun 33 sesuada masehi.

 

Dibangkitkan dengan peri tiada kebinasaan pada hari ke tiga..DIA dibangkitkan…”sebagai Anak roh yang kekal dan berkuasa…suatu makhluk roh yang mulia”.

 

Kami tidak tau apa yang terjadi dengan tubuhnya, kecuali tubuh itu tidak menjadi busuk atau rusak.

(makin aneh…)

 

Firman itu telah menjadi manusia dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemulian-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran (Yoh 1:14)Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, DIA lah yang menyatakan-Nya (Yoh 1:18)Ia (YESUS) Kristus pada mulanya  bersama-sama dengan ALLAH (Yoh 1:2)

 

Pada waktu Maria ibu-Nya bertunangan dengan Yusuf ternyata Maria mengandung dari ROH KUDUS sebelum mereka hidup sebagai suami istri (Matius 1:18)

 

Sesungguhnya seorang perempuan muda akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan DIA Imanuel (Yesaya 7:14).

 

Didalam DIA lah (Yesus Kristus) tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan (Kolose 2:3)

 

Dia (ALLAH) yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia ( 1 Timotius 3:16)

 

….menurut Roh Kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa Yesus Kristus Tuhan kita (Roma 1:4)

Roh Kudus Roh Kudus ialah suatu kekuatan dari ALLAH yang Mahakuasa, kekuatan yang aktif dan yang tidak terlihat, yang menggerakan hamba-hambanya untuk melaksanakan kehendaknya Jikalau penghibur yang akan Ku-utus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari BAPA, IA akan bersaksi tentang aku (Yohanes 15:26)Dan kalau IA datang, IA akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman (Yohanes 15:26).Dan kalau IA datang, IA akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman (Yohanes 16:8)

 

Apabila IA datang, yaitu Roh Kebenaran, IA akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran (Yohanes 16:13)

 

Penghibur yaitu ROH KUDUS ,….Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu (Yohanes 14:26)

 

Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam didalam kamu (Roma 8:11 bandingkan dengan Roma 8:9; 1 Korintus 3:16; Efesus 3:16; 5:18)

 

 

Jadi Roh Kudus adalah pribadi Allah Tritunggal bukan hanya sebuah “kekuatan/power”

Dosa Dosa Adam dan Hawa adalah makan dari buah itu (dalam arti sebenarnya makan buah pohon). Jatuhnya mereka ini mendatangkan kematian atas segenap umat manusia.Adam tidak mentaati Allah dan hukumannya ialah kematian atas manusia secara keseluruhan, baik tubuh maupun jiwa.Manusia tidak memiliki jiwa yang terpisah dari tubuh, karena manusia adalah jiwa. (sebenarnya manusia itu terdiri dari tubuh (daging), jiwa dan roh) 

Kematian merupakan perhentian yang mutlak dari kegiatan-kegiatan kesadaran, intelek maupun kegiatan jasmani, baik sebagai malaikat, manusia atau yang lain, “akhir dari pada eksistensi”.

 

Setelah kematian tidak ada jiwa yang sadar.

 

Adam tidak dicampakan kedalam siksaan yang kekal, tetapi kedalam pemusnahan, yang tidak disari dalam debu tanah.

DOSA adalah pelanggaran terhadap hukum Allah. ( 1 Yohanes 3:4). DOSA melenceng dari aturan atau ketetap Allah dalam bahasa latin“ Amartia” tidak tepat sasaran.Semua kejahatan adalah dosa (1 Yohanes 5:17) 

Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman adalah dosa (Roma 14:23)

 

Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik tetepai tidak melakukannya, ia berdosa (Yakobus 4:17).

 

……akan dosa karena mereka tetap tidak percaya padaKU (Yesus Kristus) Yohanes 16:9

 

Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:23)

 

Tidak ada yang benar, seorang pun tidak (Roma 3:10)

 

Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada didalam kita (I Yohanes 1:10)

 

Jika kita berkata bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada didalam kita (I Yohanes  1:8).

Penebusan Yesus Kristus menyerahkan dirinya sebagai korban….suatu kehidupan MANUSIA yang sempurna, sama seperti kehidupan yang dihilangkan Adam.Pengorbanannya itu merupakan TEBUSAN yang membebaskan  manusia dari pada dosa warisan dan dari kematian kekal yang akan datang yang merupakan akibat dosa.Penebusannya itu mempunyai nilai yang bersifat menyelamatkan sehingga melalui ketaatan dan pelayanan, umat manusia dapat memperoleh kehidupan manusia yang sempurna dengan hak-hak dan pengharapan DUNIA yang akan datang.

 

Adam beserta beberapa orang lainnya dengan sengaja memberontak , di luar kemungkinan betobat sehingga hukumannya tidak dapat ditarik kembali.

Darah Yesus Anak-Nya itu menyucikan kita dari segala dosa (I Yohanes 1:7)Inilah darah-KU..yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa (Matius 26:28)Ditebus…dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus ( I Petrus  1:18,19)

 

Oleh darah-Nya kita beroleh penebusan (Efesus 1:7)

 

DIA (Yesus Kristus)…yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya (Wahyu 1:5,6)

 

Tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan (Ibrani 9:22)

 

 

IA mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus (Kolose 1:20)

 

Setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sama yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa.

 

Tetapi Ia, setelah mempersembahkan  hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah (Ibrani 10:11-14)

Keselamatan Oleh karena iman kepada Allah Yehova dan kepada Kristus Yesus, maka semua yang mengabdikan diri untuk melakukan kehendak Allah dan kemudian dengan setia melaksanakan pengabdiannya akan diberi pahala hidup kekal……sebagian dari mereka itu, yaitu sebanyak 144.000 akan mendapat bagian dalam kemulian sorga bersama dengan Kristus Yesus sedangkan yang lain akan  menikmati berkat-berkat di bumi ini.Sebagian besar dari pada umat manusia akan dibangkitkan untuk tinggal di bumi yang sudah menjadi seperti firdaus. Hal ini akan terjadi setelah Harmagedon yaitu pada permulaan Hari Penghakiman yang besar, yang 1000 tahun lamanya (Kerajaan Seribu Tahun). Mereka yang (pada hari itu) beriman akan mendapat hidup kekal; sedangkan yang tidak taat akan dihukum dengan celaka sekali dan mereka akan tidur untuk selama-lamanya. Tetapi semua orang yang mennerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya (Yohanes 1:12)Barang siapa percaya kepadaNya ia tidak akan dihukum, barang siapa tidak percaya ia telah berada dibawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah (Yohanes 3:18,36)Bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh pemandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus (Titus 3:5)

 

Karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usaha mu, tetapi pemberian Allah itu bukan hasil pekerjaanmu , jangan ada orang yang memegahkan diri (Efsesu 2:8-9)

 

Oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan Cuma-Cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus (Roma 3:24)

 

Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada DIA yang telah diutus Allah (Yohanes 6:29)

 

Sebab Kristus adalah kegenapan hukum taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya (Roma 10:4)

Hukuman Kekal Ada beberapa orang tertentu yang tidak mempunyai harapan untuk  dibangkitkan dan juga tidak akan mendapat kesempatan kedua kalinya. Diantaranya termasuk Adam dan hawa, kain, mereka yang mati dalam air bah, Yudas Iskariot, dan yang lain-lain. Juga bagi mereka yang binasa dalam perang Harmagedon, tidak ada pengharapan lagi.Ujian terakhir akan terjadi (pada akhir kerajaan seribu tahun) dengan dilepaskannya Iblis, si Jahat itu dari pada segala kekangan. 

Semua yang kemudian menyerah kepada godaan-godaan iblis itu akan mengalami mati yang kedua, yang dilambangkan dengan lautan api. Ini merupakan pemusnahan, “seolah-olah mereka belum pernah ada sebelumnya.”

Banyak dari antara orang-orang yang telah tidur dalam debu tanah akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal (Daniel 12:2).Dan sesudah mati dihakimi (Ibrani 9:27)Aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan tahta itu…dihakimi menurut perbuatan mereka (Wahyu 20:12)

 

 

…api yang tak terpadamkan (Markus 9:43)

 

Tuhan Yesus dari dalam sorga  menyatakan diri-Nya…di dalam api yang bernyala-nyala, dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita. Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya ( II Tesalonika 1:7-10).

 

Diambil dari majalah Inspirasi Vol. 30 2012

  • Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>