Artikel Buah Roh

Buah Roh. Dalam Galatia 5 : 22-23, dituliskan terdapat 9 Buah Roh yaitu : Kasih, Sukacita, Damai Sejahtera, Kesabaran, Kemurahan, Kebaikan,Kesetiaan, Kelemah lembutan, dan Penguasaan Diri . Seharusnya orang- orang yang dipimpin oleh Roh Allah dapat melakukan hal- hal diatas. Kita sering mengucapkan bahwa kita dipimpin Roh Allah, tetapi apakah kita telah melakukan sembilan hal diatas dengan baik???  kita mungkin memang belum melakukan hal diatas dengan baik, atau bahkan belum melakukannya sama sekali..tapi mari kita belajar untuk melakukan hal- hal diatas untuk menunjukan bahwa kita benar- benar dipimpin oleh Roh Allah. Mari kita belajar satu persatu tentang 9 buah Roh diatas:

1. Kasih

Kasih dalam KBBI memiliki arti perasaan sayang. Allah berkata bahwa kasih adalah hal yang sangat penting. 1 Kor 1: 13 ; demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.(untuk lebih jelas baca 1 Kor 1: 1-13).sering kali kita mendengar kata “KASIH” bahkan mungkin sering juga mengucapkannya, tetapi apakah kita sudah benar- benar malakukannya?? Sering kali kita tahu kasih itu bla..bla…bla..tapi sering juga kita melanggar beberapa hal yang mendeskripsikan kasih itu sendiri (ex : gossip, melihat pengemis dibiarin ajja, lihat orang jatuh malah ketawa dsb). Mungkin beberapa contoh diatas adalah beberapa hal kecil yang biasa kita lakukan, dan kita lupa bahwa hal- hal tersebut dapat menghilangkan makna kasih sendiri. Kalau kita mau tau kasih yang sebenernya .hmmm coba kita ingat- ingat KASIH TUHAN YESUS yaaa

2. Sukacita

Apa yang kita fikirkan ketika mendengar kata “SUKACITA” , pasti yang terbesit dalam fkiran kita adalah suatu kegembiraan bukan ??, benar sekali saya pun berpendapat demikian.  Yohanes 15 : 11 -Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Tuhan sudah memberikan semua FirmanNya buat kita supaya kita mengetahui dan  kita menjadi sukacta atas pembritaan firmannya itu. Selain itu sebagai umat yang mendapatkan kasih yang selalu baru setiap hari, seharusnya juga kalau kita selalu sukacita setiap hari. Tuh kan nyambug lagi dari kasih ke sukacita..hehe. Ibaratnya, siapa sih yang ga seneng kalo setiap hari selalu dikasih barang baru (udara, kesehatan, hari baru dll )?? Jangan menganggap remeh kasih yang setiap hari Tuhan berikan buat kita, kalau kita sakit karena terganggunya fungsi organ yang ada dalam tubuh kita, kita gabisa merasakan Sukacita yang full, anggep ajja kita demam..pasti kita lemes- lemes, mau ngapa- ngapain jadi ga enak, nah akhirnya kita jadi ga sukacita kan??. Maka dari itu kita wajib Sukacita setiap hari dan kalo bisa tularkan sukacita itu pada orang- orang disekitar kita J. Cara termudah menularkan sukacita adalah tersenyum :-).

3. Damai Sejahtera

Roma 8:6– Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Damai Sejahtera itu akan kita peroleh jika kita benar benar telah mengalahkan kedagingan kita, tapi apakah kita benar2 telah mengalahkan kedagingan kita 100%? Mungkin belum 100% tapi kita belajar terus untuk melawan kedagingan yaa, supaya kita juga berkenan kepada Allah. Damai sejahtera juga bisa kita peroleh kalo kita selalu berfikir positif. Ketika kita berfikir akan hal- hal yang baik maka kita akan merasa sejahtera, selain itu kita juga harus selalu berfikir bahwa hidup kita selalu dipimpin Roh Kudus (dalam sgala hal) dan percaya hasil  dari apa yang telah kita kerjakan  akan baik . Damai sejahtera itu susah dan ga ada yang jual, kalo kita melekat di pimpin Roh Kudus Damai sejahtera itu dating sendiri menghampiri kita. So jangan menjauhkan diri dari pimpinan Roh Kudus ya

4. Kesabaran

Alkitab berkata dalam Kolose 3:12Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.  KBBI juga bilang kalo sabar adalah tahan menghadapi cobaan. Kalau membicarakan hal yang satu ini, kita dituntut untuk benar- benar membuka hati, karena kesabaran itu sangat bersangkutan dengan kepribadian kita. Kalau kita orang yang ga sabaran . pasti susah banget untuk ngelakuin hal ini.tapi sebagai sahabat Kristus dan Orang- orang pilihan Allah kita wajib belajar sabar. salah satu contoh real dari  belajar sabar adalah menunggu L, sering kali hal menunggu adalah salah satu hal yang membutuhkan tingkat kesabaran tinggi, kalo nunggu hanya 5 menit mungkin kita masih sabar tapi kalo sudah lebih dari  5menit apa kita masih sabar ? . kan ada yang bilang kalo orang sabar itu dikasihi Tuhan, ada juga yang bilang sabar itu indah lhoo, walau pun kita juga tahu kalu sabar  ada batasnya , ya ketika kita emang udah ada di ambang batas kesabaran, tingkatin lagi donk batas kesabaranya, hehehe (tetep maksa ) ayo belajar sabar :-).

5. Kemurahan

Menurut saya kemurahan adalah sesuatu hal yang diberikan Tuhan dengan Cuma- Cuma, tetapi pemberiannya itu diberikan tidak kepada sembarangan orang , contohnya Anugrah kalau kita di pilih sebagai anak- anak Allah, itu salah satu contoh kemurahan Dia untuk kita . bener ga ?? karena di KBBI sendiri ga ada artinya L. Dalam Matius 5:7-Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. Artinya sebelum kita mendapatkan kemurahan dari Allah, kita dituntut untuk murah hati. Murah hati dalam KBBI adalah kebaikan hati atau dermawan, artinya kita harus memiliki sikap dermawan terlebih dahulu, dermawan itu adalah sikap kebaikan hati kepada sesama manusia tanpa mengharapkan adanya imbalan.setelah kita murah hati, maka kita akan memeperoleh kemurahan itu dari Tuhan.

 

Ini merupakan 5 dari 9 buah Roh yang sebenarnya kadang kala kita kurang mengerti , tunggu beberapa buah Roh lainnya ya di Buah Roh-Part2

Mari belajar untuk menyatakan bahwa kita benar- benar hidup dipimpim oleh Roh kudus, dengan dapat menunjukan bahwa kita memiliki ke sembilah buah Roh yang ada di dalam Alkitab :-).

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *