KESEDERHANAAN DI BALIK “FLAPPY BIRD”

gambar

Tahukah kalian tentang game Flappy Bird? Pasti pada tahu dong. Segala ekpresi ,perasaan, dan tingkah laku bermacam – macam muncul saat kita sedang bermain game ini. Namun apakah kalian tahu tentang fakta dan cerita dibalik game Flappy Bird ini?

Flappy Bird telah menjadi fenomena global. Tanpa melakukan promosi,game ini meraih sukses besar hanya dengan menawarkan sebuah permainan yang memang sulit untuk dimainkan sehingga membuat pengguna frustrasi, tetapi sederhana dari sisi visual dan tanpa desain level.

Flappy Bird dibuat oleh Dong Nguyen, pemuda 29 tahun yang tinggal di Hanoi, Vietnam. Ia sebelumnya telah membuat sejumlah game di iOS dan game flash lainnya, di bawah nama Gears Studios, yang bukanlah nama sebuah perusahaan, melainkan hanya Nguyen seorang. Ya sebuah usaha yang sangat sederhana. Namun dari kerja kerasnya selama 2 hari, maka lahirlah sebuah game yang dapat menghasilkan uang 50.000 dollar AS atau sekitar Rp 600 juta per hari dari hasil iklan-iklan yang muncul pada game tersebut Nguyen resmi mengganti atau memberi nama game itu menjadi Flappy Bird pada 24 Mei 2013.

WOW sebuah angka yang fantastis untuk sebuah game yang dipromosikan hanya melalui twitter. Twitter? Memang benar game ini menjadi populer hanya karena melalui ulasan dan kicauan tweet di akun twiter Nguyen mengenai sulitnya bermain game ini bahkan sejak 13 Januari 2014, tingkat pengunduhan Flappy Bird tumbuh 136 persen dari hari ke hari. Menurut perusahaan analisis aplikasi Distimo, Flappy Bird menjadi aplikasi gratis nomor 1 di App Store kawasan AS pada 17 Januari 2014.

Tapi sayang, Nguyen memilih untuk menarik game Flappy Bird dari Apps Store dan Play store karena kekayaan dan kesuksesan game ini mengganggu kehidupannya. Pada 7 Februari 2014, ia merasa lelah dengan popularitas Flappy Bird. Dia tidak bisa mengendalikan game itu seorang diri dan menjawab sentimen negatif yang terus-menerus datang kepadanya. Beberapa jam setelah Nguyen merilis Flappy Bird versi terbaru, tampaknya ia mulai membenci game tersebut. Kebencian Nguyen pada Flappy Bird terlihat pada 8 Februari 2014. “Saya bisa mengatakan, Flappy Bird adalah keberhasilan saya. Tetapi, ia juga meruntuhkan kehidupan sederhana saya. Jadi, sekarang saya membencinya,” tulis Nguyen di akun Twitter-nya

Cerita di atas hanyalah sebuah kisah tentang seseorang yang sangat merindukan kesederhanaan. Nguyen memilih untuk kembali ke kehidupannya yang lama meskipun dia harus meninggalkan kesuksesannya yang membuat hidupnya tidak tenang. Matius 5:3 berkata “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.” Cerita kesuksesan Nguyen dengan Flappy birdnya mungkin hampir sama dengan kisah Kasih Bapa yang merelakan Anaknya turun ke dunia untuk disiksa dan disakiti demi menebus dosa – dosa kita begitu teramat banyak.

Ya, Tuhan Yesus adalah tokoh teladan dari yang ada di dunia ini untuk menggambarkan mengenai kesederhanaan. Dia yang adalah Allah dengan rela turun ke bumi yang penuh dengan dosa. Kehadiran-Nya pun bukanlah dalam suasana yang gegap gempita dan penuh dengan pesta. Kain lampin, palungan dan kandang domba adalah hal pertama yang harus diterima-Nya dengan kata lain kesederhanaan adalah peristiwa pertama yang hendak dicatatkan Allah agar diingat manusia.

Kesederhanaan membuat kita memiliki hati yang mau diajar dan menerima setiap firman Allah dengan tulus serta melakukannya dalam kehidupan sehari-hari dengan motif yang murni. Ketika hal itu kita jalankan maka percayalah banyak orang yang tidak hanya tergugah dengan apa yang kita perlihatkan, tetapi juga akan diubahkan.

Kesederhanaan adalah gaya hidup anak Allah

-YR 47

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *