MENGALAHKAN KEMALASAN

     Malas adalah penyakit yang bisa melanda orang di mana pun dan kapan pun. Biasanya kemalasan muncul untuk menghindar dari tanggung jawab yang harus dilakukan. Untuk menghindari tanggung jawabnya itu, orang malas akan mencari pelarian dengan hal-hal yang menyenangkan seperti ngegame, nonton TV, film atau kegiatan hiburan yang lainnya secara berlebihan.

Kemalasan adalah musuh produktivitas. Jika kita malas, tidak ada cara lain kita bisa mencapai hal-hal yang berarti. Kita mungkin menunda-nunda melakukan sesuatu, atau bahkan jika kita melakukannya, kita melakukannya dengan setengah hati. Hasil berkualitas tinggi tidak akan tercapai dengan cara-cara seperti itu. Lantas bagaimanakah bisa mengalahkan kemalasan itu sendiri? Bagaimanakan memutuskan siklus tidak sehat ini dalam kehidupan sehari – hari?

1. Jangan beri alasan untuk menjadi malas!

     Melakukan hal – hal di luar rutinitas keseharian anda sehingga anda akan terbiasa untuk melakukan sesuatu kapan pun dan dimanapun sehingga penyakit malas ini akan sulit berkembang. Jangan pernah beri kesempatan sedikitpun anda untuk malas – malasan, waktu sangatlah berharga dan tentunya tidak dapat diputar kembali kebelakang.

2. Kembangkan talenta dan kreatifitas

Berpikirlah lebih kreatif dan mencoba menemukan hal-hal baru yang tentunya menarik untuk dilakukan sehingga anda menjadi terbiasa untuk beraktifitas dan menjadi orang yang aktif dalam segala hal. Anda juga perlu sekali mengasah kemampuan atau ketrampilan-ketrampilan supaya langkah-langkah yang diambil itu akan membawa kita pada pencapaian tujuan secara efektif dan efisien.

3. Disiplin diri, komitmen dan membuat tujuan

     Menumbukan rasa memiliki cita-cita atau impian yang besar, jika kemalasannya mudah muncul, maka cita-cita atau impian besar itu akan tetap tinggal di alam impian. Jadi, kalau Anda ingin sukses, jangan mempermudah munculnya rasa malas.

4. Pergaulan dinamis

     Cara paling ampuh menghilangkan kemalasan adalah bangkit berdiri dan menghampiri orang-orang yang sedang tekun dan bersemangat melakukan sesuatu. Dekati mereka yang sedang bekerja keras untuk meraih impian-impiannya. Manusia-manusia optimis, self-motivated, punya ambisi, positive thinking, dan memiliki tujuan hidup pasti, umumnya memancarkan aura positif kepada apa pun dan siapa pun di sekelilingnya. Pancaran optimisme dan semangat itulah yang bisa menginspirasi orang lain, bahkan menularkan semangat yang sama sehingga orang lain jadi ikut tergerak.

5. Pikirkan tentang apa yang akan terjadi jika anda tidak melakukannya

     Bayangkan apa konsekuensi jika anda tidak melakukan apa yang seharusnya anda lakukan gara-gara anda pemalas? Sekali lagi anda harus tegaskan, karena anda sendiri yang bertanggung jawab atas hidup pribadi anda, bukanlah orang lain. Punya rasa malas itu, pada akhirnya hanya berakibat penyesalan! Benar-benar menyeramkan deh, kalau mau membayangkan seperti apa akibatnya hidup dalam depresi yang ditimbulkan dari rasa sesal tersebut.

     Dengan melakukan ha-hal yang benar pada saat ini, maka anda mulai meninggalkan kemalasan-kemalasan yang tidak perlu. Kita bisa karena biasa. Biasakanlah untuk melakukan hal-hal yang benar pada saat ini, niscaya secara tidak kita sadari kita mulai meninggalkan sifat malas. Dan membuat hidup lebih bergairah serta bermakna. Tidak ada waktu terlambat untuk memulai! Memang hal yang paling sulit adalah untuk memulai – tetapi sisanya akan menjadi lebih mudah. Jadi tetapkan sedikit waktu, seperti 15 menit atau bahkan 5 menit, dan mulailah mengerjakan tugas sampai waktunya habis. Setelah itu, akan lebih mudah memutuskan untuk melanjutkan. Semangat dan jangan pernah menyerah!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *