INTEGRITAS: SATUNYA KATA DENGAN PERBUATAN

Related image

     Integritas merupakan suatu hal yang seringkali dikaitkan dengan hidup kekristenan. Secara harafiah, integritas merupakan karakter pribadi yang melekat pada seseorang. Integritas merupakan keutuhan, kelengkapan dan kesempurnaan. Saat berbicara tentang integritas, tidak akan pernah lepas dari kepribadian dan karakter seseorang, yaitu sifat-sifat seperti: dapat dipercaya, komitmen, tanggung jawab, kejujuran, kebenaran, kesetiaan dan lainnya. Seringkali kita meremehkan dan memandang sebelah mata terhadap arti penting sebuah integritas. Walaupun ada harga yang harus dibayar demi sebuah integritas, akan lebih banyak resiko dan akibat yang ditanggung apabila harus mengorbankan integritas. Bila kita tidak memperhatikan sikap dan tindakan kita, kenikmataan sesaat akan berujung pada akibat buruk yang berkepanjangan.

     Dalam perspektif Alkitab, kehidupan yang penuh dengan integritas bersumber dari kedewasaan rohani dan psikologis. Integritas moral dianggap sebagai buah Roh yang menyucikan melalui anugerah Allah (Galatia 5:22-23). Kehidupan yang berintegritas adalah kehidupan yang segala aspeknya memiliki berbagai variasi yang terjalin secara harmonis. Integritas juga menggambarkan kehidupan yang bersatu (unity). Jadi, dapat dikatakan bahwa seseorang yang bermoral integratif adalah mereka yang menghidupi hidup ini dengan segala imensinya secara utuh.

       Apakah makna integritas bagi kehidupan kita sebagai umat Kristen? Pertama, integritas berarti sebuah komitmen dan loyalitas. Komitmen merupakan sebuah janji pada diri sendiri maupun orang lain yang terwujud dalam tindakan. Banyak orang yang gagal dalam berkomitmen, baik itu karena keyakinan yang goyah, gaya hidup tidak benar, pengaruh lingkungan dan sebagainya. Kedua, integritas juga berarti sebuah tanggung jawab. Orang yang berani mengambil tanggung jawab merupakan mereka yang bersedia mengambil resiko, memperbaiki keadaan dan melakukan kewajiban dengan kemampuan yang terbaik.

      Ketiga, integritas memiliki arti konsisten. Konsisten artinya tetap pada pendirian, tegas pada keputusan dan pendiriannya tidak goyah untuk melakukan sebuah tindakan yang benar. Keempat, integritas berarti dapat dipercaya, jujur dan setia. Ada sebuah peribahasa yang menyatakan bahwa “Kemarau setahun akan dihancurkan oleh hujan sehari”, yang berarti semua kebaikan kita akan runtuh dengan satu perbuatan bercela. Kelima, integritas berarti mampu menguasai dan mendisiplinkan diri. Serta yang keenam, integritas berarti berkualitas. Berkualitas maksudnya adalah membiarkan orang luar menilai diri kita saat menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Integritas merupakan hal menjadi teladan dalam perkataan dan perbuatan, karena pada dasarnya integritas adalah “satunya kata dengan perbuatan”.

Sumber: artikel.sabda.org

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *