Komisi Literatur

SEJARAH KOMISI LITERATUR

Dalam keberadaannya sebagai orang Kristen, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk melakukan apa yang terbaik bagi dirinya sendiri melainkan juga apa yang dapat dilakukannya bagi lingkungan ataupun sesamanya. Oleh karena itu, setiap mahasiswa Kristen haruslah mempunyai dasar yang kuat dalam melangkah, yang dalam konteks kekristenannya adalah suatu dasar iman yang kokoh dan telah berakar dalam setiap aspek kehidupannya. Untuk mencapai semuanya itu, berbagai macam cara biasa dijalankan, baik melalui pendidikan formal termasuk juga proses learning by doing, yang justru kadang-kadang akan melebihi semua yang bersifat dipaksakan. Menyadari itu semua, maka perlu dikembangkan dan diadakan suatu kondisi dari lingkungan, sehingga dapat mendorong ataupun membuat mahasiswa Kristen menyadari keberadaannya. Komisi Literatur yang merupakan suatu bagian menyeluruh dari UKM PMK-IPB, yang bertujuan membina mahasiswa Kristen IPB untuk menjadi intelektual yang komplit baik dari segi kecakapan maupun dari segi rohani, telah merasakan hal tersebut di atas sebagai suatu hal yang harus dilaksanakan bersama. Cikal bakal Komisi Literatur (Komlit) sudah dirintis sejak tahun 1978, namun saat itu masih bersifat pertemuan-pertemuan dengan tujuan mencari dan mengumpulkan literature untuk kepentingan PMK-IPB, untuk berita maupun informasi. Secara organisatoris, Komlit bersama-sama dengan Komkes lahir secara resmi pada tahun 1984, yang merupakan salah satu hasil lokakarya pelayanan PMK-IPB pada tanggal 25-26 Februari 1984. Sejak lahirnya Komlit, roda pelayanan dijalankan dengan ujung tombak tim bulletin, tim bursa, dan tim perpustakaan. Namun mulai 22 Desember 1991, nama tim diubah menjadi bidang pelayanan (bidpel). Sekretariat pertamanya di kompleks KPP IPB Baranangsiang III, B-15 Bogor. Buletin Anggur Baru terbit pertama pada bulan Maret 1984, beberapa hari setelah Komlit terbentuk.

 

Visi

Mahasiswa Kristen IPB pada khususnya, CIVA IPB serta kota Bogor pada umumnya yang dimenangkan dan dibangun dalam pengenalan dan iman kepada Yesus Kristus melalui pelayanan literatur.

 

Misi

1.    Menjadi alat dalam menyampaikan firman Tuhan dengan pengajaran maupun   kesaksian melalui literatur.
2.    Menumbuhkan dan memupuk minat membaca, menulis, dan mendengarkan hal-hal yang berguna untuk membina iman kepada Yesus Kristus dan memperluas wawasan tentang kekristenan.
3.    Menggalang kesaksian antar pelayan dalam komisi di UKM PMK IPB, alumni, persekutuan, dan lembaga lain melalui literatur.
4.    Menjadikan setiap anggota komisi memiliki iman dan pengenalan yang lebih mendalam akan Kristus.
5.    Mempersiapkan setiap anggota menjadi insan intelektual Kristen secara khusus berlatarbelakang literatur yang mantap agar dapat menjadi garam dan terang di tengah-tengah masyarakat.

 

Tema Umum

“COMFORT : Commit For Thee” (Roma 12:10-13)

Share